Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN PANDEGLANGGempa M 5,1 Guncang Sumur Banten, BMKG Minta Waspada Gempa Susulan

Gempa M 5,1 Guncang Sumur Banten, BMKG Minta Waspada Gempa Susulan

PANDEGLANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 5.1 magnitudo terjadi di wilayah Banten.

Berdasarkan laman BMKG, gempa tersebut terjadi Ahad, 17 Desember 2022 pukul 04.50 WIB pagi tadi. Gempa tersebut terjadi di 75 KM barat laut dari Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Banten dengan titik koordinat 6,25 LS-105,04 BT.

Diketahui, BMKG mencatat lindu tersebut memiliki kedalaman 10 km. Gempa tersebut dirasakan di beberapa daerah sekitar seperti Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Pringsewu, Metro, Lampung Tengah, dan Cinangka.

Setelah terjadinya gempa 5.1 magnitudo di Sumur, Banten tersebut, BMKG juga mencatat beberapa gempa susulan. Melalui akun Twitter resmi, BMKG juga mencatat lindu berkekuatan 3.3 magnitudo di 77 KM barat laut Kecamatan Sumur Banten pada pukul 05.23 WIB. Selain itu, juga terdapat guncangan yang tercatat BMKG di 59 KM barat daya Lampung Selatan pada pukul 05.38 WIB dengan kekuatan 2.8 magnitudo.

BMKG menjelaskan gempa bumi tersebut tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Kendati demikian, mereka mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi terjadinya kembali gempa susulan yang bisa terjadi kapan saja.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis akun @infoBMKG, Sabtu (17/12/2022).

BMKG menuliskan, getaran gempa hari ini terasa hingga ke beberapa wilayah di luar Banten.

Berikut wilayah yang turut merasakan kekuatan gempa Banten dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI):

  • Lampung Selatan III MMI
  • Bandar Lampung II MMI
  • Pesawaran II-III MMI
  • Kotabumi II-III MMI
  • Pringsewu II-III MMI
  • Metro II MMI
  • Lampung Tengah II MMI
  • Cinangka II MMI.

Skala MMI sendiri digunakan untuk mengukur seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa.

Dikutip dari laman BMKG, skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang tergantung turut bergoyang. Sementara skala III MMI, artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk lewat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular