Senin, Juli 22, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN PANDEGLANGJamaah Haji Pandeglang Diminta budayakan sikap tolong menolong

Jamaah Haji Pandeglang Diminta budayakan sikap tolong menolong

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita berpesan agar jamaah calon haji membudayakan sikap tolong menolong dan kebersamaan selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

“Kami meyakini sikap tolong menolong dan kebersamaan dapat membantu antarcalon haji, termasuk yang usianya sudah lanjut bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar,” kata Irna saat pelepasan keberangkatan 452 jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 52 dan 53, di Gedung Pendopo Pemkab Pandeglang, Senin, (3/6/2024).
Sikap tolong menolong dan kebersamaan merupakan budaya masyarakat Kabupaten Pandeglang, sehingga perlu dilestarikan ketika menjalankan rukun Islam kelima.
Pelaksanaan ibadah haji di Makkah tentu menguras tenaga banyak untuk menjalani tahapan-tahapan ritual yang harus dilaksanakan.
Selain itu juga dipastikan akan bertemu dengan jamaah dari negara lain yang kondisi tubuhnya lebih besar dan tinggi dari orang Indonesia.
Oleh karena itu, para jamaah haji agar melaksanakan sikap tolong menolong dan kebersamaan sehingga bisa bersatu untuk menjalani ibadah dengan fokus ibadah kepada Allah SWT.
“Jika jamaah haji itu mengalami sakit maka segera dilakukan pertolongan dengan memanggil dokter agar mereka bisa kembali sehat dan pulih,” katanya menjelaskan.
Menurut dia, jamaah haji tahun lalu dari Pandeglang berjalan lancar dan bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat karena mereka mengedepankan sikap tolong menolong dan kebersamaan.
Dengan demikian, sikap tolong menolong dan kebersamaan bisa direalisasikan untuk jamaah calon haji tahun 2024.
Selain itu juga para jamaah haji agar menjaga kesehatan, terlebih saat ini kondisi suhu di Makkah memasuki musim panas.
Para jamaah haji dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan buah -buahan serta banyak istirahat dan jamaah yang memiliki riwayat penyakit agar konsultasi dengan dokter dan selalu minum obat.
“Kami berharap jamaah haji berjalan lancar dan melaksanakan tahapan ibadah haji dengan benar dan khusyu,” katanya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Lukmanulhakim mengatakan jamaah calon haji yang diberangkatkan pada Kloter 52 sebanyak 440 orang, dan Kloter 53 ada 12 orang sehingga total 452 orang.
Untuk pemberangkatan jamaah calon haji asal Pandeglang tahun ini terbagi ke dalam empat kloter, adapun untuk jumlah keseluruhan sebanyak 979 orang, terdiri dari laki -laki 428 orang da perempuan 551 orang.
“Saat ini tiga kloter jemaah haji asal Pandeglang sudah diberangkatkan, tinggal menunggu satu kloter terakhir yaitu kloter 62, yang akan berangkat tanggal 7 Juni 2024 dengan jumlah jemaah 95 orang,” katanya. (red)
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular