Jumat, Maret 1, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGWalikota Arif Tekankan Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Masyarakat

Walikota Arif Tekankan Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Masyarakat

TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang menggelar kegiatan Lokakarya Fasilitasi Harmonisasi Kebijakan Daerah Untuk Pelayanan Publik Kota Tangerang pada 13 hingga 14 Juni 2022.

Kegiatan lokakarya tersebut bertujuan untuk menyusun peta proses bisnis pada instansi Pemkot Tangerang sebagai acuan setiap OPD dalam mengetahui peta proses bisnis sesuai dengan visi, misi, tujuan dan strategi yang ditetapkan dalam perubahan RPJMD Pemkot Tangerang 2019 sampai 2023.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengungkapkan agar jajaran ASN Pemkot Tangerang mampu mewirausahakan birokrasi pemerintahan, dalam artian birokrasi dalam urusan melayani masyarakat dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

“Perlu koordinasi, kolaborasi dan elaborasi dari setiap ASN, baik dalam satu instansi maupun antar instansi,” ujar Wali Kota dalam acara yang berlangsung di Hotel Atria, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Senin (13/6/2022).

Arief menambahkan sejatinya Pemkot Tangerang telah membangun sistem birokrasi secara digital dalam bentuk aplikasi sebanyak 196 buah dengan rincian sebanyak 72 aplikasi manajemen pemerintahan dan 124 aplikasi layanan publik, untuk membantu dan mempercepat berbagai urusan pelayanan.

“Tugas Pemda bukan hanya sekedar administrasi, tapi dengan digitalisasi sistem pemerintahan akan sangat membantu dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

“Apalagi menghadapi era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” imbuh Wali Kota.

Dengan lokakarya ini, lanjut Arief, jajaran OPD Pemkot Tangerang dapat berpikir Out Of The Box dalam memetakan setiap kegiatan serta menyusun peta proses bisnis organisasi.

“Agar peta bisnis Pemkot Tangerang bisa menjadi yang terbaik se-Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Provincipal Coordinator USAID Erat Banten Bonnix Maulana yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menjabarkan Kota Tangerang menjadi salah satu lokasi fokus USAID Erat untuk menjadikan masyarakat dapat memperoleh manfaat dari Pemda melalui pelaksanaan kegiatan dan pelayanan di daerah.

“Harapannya  kebijakan yang tertuang dalam bussines process menjadi lebih kuat,” tutup Bonnix.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemkot Tangerang dengan USAID Erat Banten dengan peserta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular