Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN SERANGCegah Abrasi, Pemkab Serang Tanam 8.000 Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Lontar

Cegah Abrasi, Pemkab Serang Tanam 8.000 Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Lontar

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama dengan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia, sejumlah perusahaan industri dan kepala OPD Pemkab Serang menanam 8.000 bibit pohon mangrove di pesisir Pantai Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Selasa (26/7/2022).

Penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu kerja sama Pemerintah Kabupaten Serang bersama UGM untuk mencegah abrasi di wilayah Serang utara.

“Setiap masyarakat menanam satu saja, itu sama saja menjaga lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, kesadaran ini yang harus terus kita tingkatkan,” ujar Bupati Tatu , Selasa (26/7/2022).

Tatu mengatakan, sebagai upaya mengatasi abrasi, pemerintah tidak bisa bertindak sendiri dan perlu melibatkan perguruan tinggi dan pelaku industri. Ia juga mengajak masyarakat untuk turut serta menanam pohon mangrove untuk menjaga lingkungan.

Selain itu, Rektor UGM Ova Emilia menuturkan kerja sama ini adalah salah satu program bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mahasiswa UGM.

Pihaknya juga menerjunkan 30 mahasiswa sehingga diharapkan dapat memenuhi dua target. Pertama, mahasiswa dapat menanamkan rasa empati, kepemimpinan, nasionalisme, dan peka terhadap permasalahan sosial. Kedua, mahasiswa dapat bermanfaat untuk masyarakat atas berbagai macam program yang telah dicanangkan dan menjadi sasaran utama.

“Kemudian, juga memberikan manfaat bagi masyarakat atas program tersebut. Ada beberapa lokasi yang menjadi sasaran kita, mulai dari wilayah rawan abrasi, sampah, rawan banjir, jadi mahasiswa berkolaborasi dengan masyarakat,” kata Emilia

Menurutnya, penanaman mangrove menjadi salah satu upaya yang efektif untuk mencegah abrasi. Tanaman itu akan memecah gelombang sehingga dapat menjadi mitigasi bencana.

“Ini dapat menahan gelombang yang tinggi, sehingga wilayah pesisir terlindungi dari pengikisan. Kemudian, juga fungsinya untuk penghijauan, mangrove dapat menyerap karbon monoksida,” tutupnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular