Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBANTENTagana Lebak Siaga Menghadapi Musim Pancaroba

Tagana Lebak Siaga Menghadapi Musim Pancaroba

LEBAK – Ratusan relawan taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, siap siaga menghadapi cuaca ekstrim memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan.

“Dengan siap siaga itu dapat mengurangi risiko kebencanaan,” kata Ketua Tagana Kabupaten Lebak Iwan Hermawan di Lebak, Sabtu (25/09/2021).

Relawan Tagana Kabupaten Lebak kini siaga sebanyak 223 personil, mereka terbagi di dua posko, yakni Posko Rangkasbitung dan Posko Bayah.

Selama ini, kehadiran relawan Tagana cukup membantu masyarakat dalam penanganan pasca bencana untuk memberikan pelayanan dasar terhadap warga yang terdampak bencana alam.

Pelayanan dasar tersebut dapat memenuhi konsumsi makanan dengan membuka posko dapur umum.

Selain itu juga warga korban bencana dapat tinggal di tenda pengungsian, sehingga mereka lebih nyaman dan aman.

“Relawan Tagana mengutamakan masyarakat korban bencana alam dapat terpenuhi pelayanan dasar sehingga mampu mengurangi risiko kebencanaan,” katanya menjelaskan.

Menurut Iwan, persediaan penanganan kebencanaan sudah disiapkan peralatan evakuasi, seperti perahu karet juga pelampung serta mobil rescue. Selain itu juga tenda pengungsian dan kebutuhan logistik.

Pihaknya dalam menghadapi cuaca ekstrim terus menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah hingga stokeholder dan elemen masyarakat.

“Kami bergerak cepat ke lokasi bencana alam agar tidak menimbulkan korban banyak,” pungkasnya. (**)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular