Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaJAKARTARibuan Pesilat Cilik Unjuk Gigi di IPSC 2

Ribuan Pesilat Cilik Unjuk Gigi di IPSC 2

JAKARTA – Ribuan peserta dari kalangan pelajar ikuti Gelaran Indonesia Pencak Silat Championship (IPSC) ke-2 tahun 2023 di gelanggang olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur.

Pembina IPSC, M Syarif menjelaskan bahwa event ini telah menyedot perhatian banyak perguruan dan padepokan silat, tidak hanya di Jakarta, melainkan juga dari luar daerah seperti Jawa Barat, Indramayu, Tangerang, bahkan dari Muara Enim.

“Jumlah peserta terdiri dari 1.204 peserta SD dan PAUD, SMP 887 peserta dan 274 peserta adalah pelajar SMA. Dengan kategori tanding, seni tunggal ganda dan beregu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/2/2023).

Melihat banyaknya peserta yang mencapai 2.378 pelajar, dirinya mengaku optimis untuk melaksanakan gelaran serupa di waktu mendatang dengan kapasitas jumlah peserta yang lebih besar.

Sementara itu, salah satu peserta tingkat sekolah dasar (SD) Jasmine Karima Firmansyah, mengatakan bahwa dirinya semangat mengikuti kejuaraan ini.

“Aku terus berlatih untuk pertandingan hari ini,” kata Jasmine, siswa kelas 3 yang mewakili SDI Al Azhar 17 Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Jasmine mengaku apa yang selama ini dipelajari jurus-jurus silat akan sangat bermanfaat dalam mengikuti sebuah pertandingan berskala nasional.

“Aku selalu latihan silat hampir setiap hari,” tuturnya.

Diketahui, pertandingan pencak silat ini untuk memperebutkan Piala Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 24-26 Februari 2023.

Kejuaraan ini resmi dibuka oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Marullah Matali, Jumat (24/2/2023). Dalam kesempatan tersebut, mantan Wali Kota Jakarta selatan tersebut merasa bangga dan menurutnya ajang ini dapat menjalin silaturahmi yang baik untuk para atlet pencak silat. (red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular