Kamis, Juli 25, 2024
BerandaBANTENKOTA CILEGONKota Cilegon Duduki Peringkat Ke-4 Pengangguran Terendah Se-Banten, Mana Yang Pertama?

Kota Cilegon Duduki Peringkat Ke-4 Pengangguran Terendah Se-Banten, Mana Yang Pertama?

CILEGON – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat tingkat pengangguran terbuka Kota Cilegon tahun 2022 sebesar 8,10 persen atau menduduki peringkat ke-4 pengangguran terendah se Provinsi Banten.

Pasalnya, selama kurun waktu lima tahun Kota Cilegon selalu menduduki peringkat ke-7. Hal tersebut menjadi sejarah baru Kota Cilegon turun menjadi urutan ke-4 tingkat pengangguran terbuka tingkat Provinsi Banten.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon, Panca Nugrahestianto Widodo menyebutkan, capaian tersebut merupakan kerja keras pemerintah daerah dalam mengatasi pengangguran di Cilegon.

“Alhamdulillah membuahkan hasil, ini sejarah karena selama ini Kota Cilegon hanya peringkat-7 paling rendah juga hanya menduduki peringkat ke-6 pada tahun 2018 lalu,” ujar Panca di ruang kerjanya, Kamis, (8/12/2022).

Menurutnya, diraihnya capaian tersebut dikarenakan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon gencar melakukan pemberdayaan ekonomi, pelatihan tenaga kerja dan program-program lainnya serta adanya komunikasi intens Walikota Cilegon dengan forum industri terkait perekrutan tenaga kerja lokal.

“Jadi pemerintah sangat konsen terhadap pengentasan pengangguran melalui program-program tersebut seperti menumbuhkan kewirausahaan baru di masyarakat, pelatihan, dan pemagangan di industri serta adanya program full sarjana juga membantu menurunkan pengangguran karena tingkat pengangguran terbuka itu muncul setelah anak tidak lagi berstatus pelajar atau mahasiswa,” paparnya.

Lebih lanjut, Panca mengatakan, kebijakan-kebijakan yang diambil Walikota sangat mendukung dalam penurunan pengangguran di Kota Cilegon.

“Pak Walikota kan sedang mengutamakan pembangunan SDM dan pembangunan SDM itu tidak terasa sekarang mungkin 5 atau 10 tahun ke depan. Tapi kalau tidak dimulai dari sekarang anak-anak Cilegon akan tertinggal terus,” kata Panca.

“Terlepas apapun semua ini komitmen pimpinan, kita hanya pelaksana kebijakan ada di Pak Walikota dan Alhamdulillah kebijakannya selalu mendukung kita, khususnya pengurangan pengangguran,” pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data BPS Provinsi Banten urutan terendah tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2022 pertama Kota Tangerang Selatan, kedua Kota Tangerang, ketiga Kabupaten Tangerang, keempat Kota Cilegon, kelima Kota Serang, keenam Kabupaten Lebak, ketujuh Kabupaten Pandeglang, dan kedelapan Kabupaten Serang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular