Selasa, Juni 18, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN PANDEGLANGBupati Irna Pastikan Hewan Qurban Bebas PMK

Bupati Irna Pastikan Hewan Qurban Bebas PMK

PANDEGLANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Bupati Pandeglang Irna Narulita memastikan tidak ada hewan qurban di lapak pedagang yang terdampak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kami mengapresiasi semua lapak pedagang hewan kurban tidak ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK), ” kata Irna saat meninjau sejumlah lapak pedagang hewan kurban di Kecamatan Pandeglang pada Jum’at (1/7/2022)

Irna mengatakan seluruh hewan kurban yang dipedagangkan di Pandeglang diperiksa secara intensif, dan jika kondisinya sehat diberikan tanda. Hal itu untuk melindungi masyarakat agar tidak berkurban dengan hewan yang terjangkit PMK.

Sehingga Ia meminta pedagang hewan kurban harus patuh dan taat pada peraturan pemerintah agar tidak menjual hewan kurban yang kondisinya tidak sehat atau terjangkit PMK.

“Kami sampai saat ini hewan ternak yang dijual para pedagang kondisinya sehat dan tidak ada terjangkit PMK,” ujar Irna.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan hewan ternak yang akan dijual oleh sejumlah para pedagang untuk kurban harus dipastikan bahwa hewan tersebut betul-betul sehat.

“Kami rutin melakukan pengecekan ke setiap lapak penjual hewan kurban, pemeriksaan masih berjalan sampai satu minggu ke depan, hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan dijual benar-benar terjamin kesehatanya,” ujar Budi.

Salah seorang pedagang hewan kurban Mulyadi mengungkapkan saat ini permintaan hewan kurban mengalami penurunan sebesar 20 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mungkin dikarenakan adanya penyebaran virus PMK, tapi Alhamdulillah hewan kurban yang kami jual dipastikan aman dan bebas dari penyakit,“ katanya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular