Senin, Juli 22, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANG SELATANWalikota Benyamin Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Walikota Benyamin Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

SERPONG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dengan target 126.992 anak pada bulan Agustus mendatang.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengungkapkan, anak-anak ini nantinya akan menerima imunisasi campak, polio, rubella dan lainnya. Imunisasi ini menjadi salah satu upaya mengurangi dampak signifikan terhadap jumlah kasus polio, campak, maupun lainnya.

“Jika tidak mengejar imunisasi maka akan terjadinya peningkatan kasus. Dimana hal itu akan menjadi beban ganda di tengah pandemi saat ini,” ujar Benyamin saat menyampaikan sambutan.

Ia menambahkan, Program Pekan Imunisasi Nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang guna meratakan jumlah penyebaran imunisasi polio di Kota Tangsel. Karena itu dia meminta kepada seluruh kader kesehatan atau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Semua yang hadir di sini, baik PKK, OPD, Kelurahan, Kecamatan dan lain-lain, harus aktif mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk membawa anak-anak usia 9 sampai 59 bulan ke fasilitas pelayanan kesehatan,” kata Benyamin.

Dia berharap dengan sosialisasi ini bisa memaksimalkan kegiatan. Dimana, mampu menekan angka kasus polio dan penyakit lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, Bulan Imunisasi Anak Nasional atau disingkat BIAN adalah upaya pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi.

Dimana meliputi dua (2) Kegiatan yaitu kegiatan imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubella secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya kepada sasaran usia 9 Bulan – 59 Bulan dan kegiatan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai dengan 59 bulan.

“Tujuan dilaksanakannya BIAN adalah untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3i),”ungkapnya.

Sasaran BIAN di Kota Tangerang Selatan pada imunisasi tambahan Campak Rubella usia 9 – 59 Bulan sebanyak 126.992 dan imunisasi kejar sasaran OPV sebanyak 19.106 Anak. sasaran IPV sebanyak 37.116 Anak, dan sasaran DPTHBHiB sebanyak 31.524 Anak .

Pelayanan Pemberian imunisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional akan dilaksanakan di Posyandu, UPTD Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik Swasta, maupun Pos Pelayanan imunisasi. (Adv)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular