Kamis, Juli 25, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANG SELATANBanjir di Tangsel Tinggal Tiga Titik

Banjir di Tangsel Tinggal Tiga Titik

TANGSEL – Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan mencatat, sebanyak tiga titik di Tangsel yang masih terendam banjir hingga Sabtu siang, (16/7/2022). Dari tiga lokasi tersebut, 30 orang warga terpaksa diungsikan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakab, tiga titik lokasi yang masih terendam itu, berada di wilayah Kecamatan Ciputat Timur, Pamulang dan Serpong.

“Untuk di Ciputat Timur itu perumahan Cirendeu Permai, pada RW 012. Dengan ketinggian air mencapai 70 sentimeter,” terang Uci, Sabtu (16/7/2022)

Dia menjelaskan, untuk banjir di perumahan Cirendeu Permai, disebabkan dari luapan kali Pesanggrahan dan turab kali perumahan yang jebol.

“Kemudian perumahan Villa Pamulang, di RW 017 Kecamatan Pamulang. Dengan ketinggian air antara 30-60 sentimeter. Pemicunya karena intensitas hujan sedang hingga deras yang disertai angin kencang sehingga drainase tidak menampung debit air yang masuk,” katanya.

Kemudian untuk di wilayah Buaran, Kampung Jati, di RW 05, dengan ketinggian air mencapai 45 sentimeter. Banjir di Kampung Biara itu, lebih disebabkan adanya hujan deras, angin kencang dan luapan air dari Kali Angke.

“Ketiga titik banjir ini baru tergenang sejak pagi tadi sekitar pukul 04.30 untuk di perumahan Cirendeu Permai, pukul 05.00 di Villa Pamulang dan pukul 08.00 pagi tadi untuk banjir yang di Buaran. Jadi saat ditempat lain sudah surut, disini baru tergenang,” jelas dia.

Adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terkena banjir dari tiga lokasi itu ialah, sebanyak 100 kepala keluarga (KK) di Villa Pamulang, 90 KK di perum Cirendeu Permai dan 8 KK di Buaran.

“Untuk yang mengungsi baru 30 orang. 10 jiwa dari Cirendeu Permai dan 20 jiwa dari Villa Pamulang,” jelas Uci.

Sebelumnya, hujan deras pada Jumat sore hingga malam di kota Tangerang Selatan mengakibatkan 14 titik wilayah Tangsel tergenang banjir.

14 titik banjir itu tersebar di perumahan Pondok Maharta, perumahan Kampung Bulak, perumahan Pondok Kacang Prima, Puri Bintaro Indah, Graha Mas Serpong dan perumahan Bukit Pamulang Indah, Perumahan Pondok Safari Indah, Perumahan lembah Pinus Pamulang, Cluster Griya Sutera Rw 006, perumahan Rosewood Garden, Graha Taman Bintaro, Galeri Bintaro Rt 06 Rw 05, Taman Mangu Indah serta Villa Bintaro Regency.

“Ya, kemarin sore hingga malam, kan, hujan sangat lebat dan lumayan durasi dari malam hujan, jadi memang titik banjir yang kami pantau sekitar 14 titik,” kata Uci (red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular