Selasa, Juni 18, 2024
BerandaBANTENKOTA SERANGAtasi Banjir, Sungai Cibanten Bakal Dinormalisasi

Atasi Banjir, Sungai Cibanten Bakal Dinormalisasi

SERANG – Pemerintah Kota Serang bakal melakukan normalisasi Sungai Cibanten guna mencegah terjadinya banjir.

Hal ini disampaikan Wali Kota Serang, Syafrudin saat menerima audiensi dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Serang di Ruang Rapat Walikota Serang pada Senin (15/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut, mereka menjalin silaturahmi sekaligus membahas beberapa isu terkait kemajuan Kota Serang.

Salah satu permasalahan yang dibahas adalah banjir yang melanda Kota Serang pada tahun lalu. Syafrudin menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya memperbaiki masalah banjir tersebut, terutama di sepanjang bantaran sungai yang masih memiliki pemukiman penduduk.

“Kami terus berupaya mengatasi masalah banjir dan terus memantau perkembangannya, terutama menghadapi curah hujan yang tidak menentu dan meluapnya sungai,” ujar Syafrudin.

Selain itu, dalam audiensi tersebut, Syafrudin juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini akan dilakukan normalisasi Sungai Cibanten oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Normalisasi sungai ini merupakan langkah penting dalam upaya pengendalian banjir dan peningkatan kualitas lingkungan di Kota Serang.

“Cibanten telah kita usulkan berulang kali kepada BBWS C3 dan kami telah mendapatkan respons. InsyaAllah, normalisasi sungai ini akan dilaksanakan tahun ini,” tambahnya.

Normalisasi Sungai Cibanten menjadi fokus utama pemerintah daerah dan BBWS dalam mengatasi masalah banjir yang sering melanda Kota Serang. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi risiko banjir di wilayah tersebut dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi masyarakat setempat.

Dengan normalisasi Sungai Cibanten, diharapkan alur sungai akan diperlebar dan diperdalam, serta dilakukan pembenahan terhadap sejumlah aspek seperti pengendalian sedimentasi dan tata pengelolaan air. Upaya ini akan membantu meminimalkan risiko banjir dan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sungai.

Pemkot Serang dan BBWS bersama-sama melakukan langkah konkret dalam memastikan kelancaran proyek normalisasi Sungai Cibanten. Hal ini mencerminkan komitmen mereka dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Serang serta membangun lingkungan yang lebih baik.

Dengan adanya normalisasi Sungai Cibanten, diharapkan Kota Serang dapat mengurangi dampak banjir yang sering terjadi dan meningkatkan kualitas hidup penduduk. Proyek ini juga menjadi salah satu upaya nyata dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di kota tersebut. (Red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular