Kamis, Juli 25, 2024
BerandaLifestyleWaspasa Gejala DBD Saat Musim Penghujan

Waspasa Gejala DBD Saat Musim Penghujan

SERANG – Sejumlah gejala penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kerap kali diabaikan. Dampaknya banyak sekali kasus demam berdarah yang berujung fatal.

Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini bisa membahayakan nyawa bila tidak segera ditangani. Masalah kesehatan ini biasanya akan menunjukkan gejala antara 4 sampai 10 hari setelah tubuh digigit nyamuk jenis Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Dilansir melalui World Health Organization dalam artikelnya yang berjudul Dengue and severe dengue serta sumber lainnya, ada 6 gejala fase awal yang timbul pada penyakit DBD.

1. Mendadak Demam Tinggi

Demam memang menjadi gejala pada hampir semua masalah kesehatan. Perbedaan antara demam pada DBD bisa mencapai 40 derajat Celsius dan tidak diikuti dengan gejala lainnya, seperti pilek atau batuk. Demam ini akan terjadi antara dua hingga tujuh hari.

2. Otot Terasa Nyeri

Seseorang yang terkena DBD juga cenderung akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, misalnya otot, tulang, sendi, dan belakang mata.

Gejala ini akan diikuti dengan tubuh yang berkeringat dan menggigil. Durasi terjadinya antara 4 hingga 10 hari ketika virus memasuki tubuh. Nyeri otot juga terjadi bersama dengan sakit kepala dan demam tinggi.

3. Sakit Kepala dan Dahi

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala DBD berikutnya yang bisa muncul adalah sakit kepala parah yang terjadi di sekitar dahi.

Sakit kepala parah yang disertai dengan rasa nyeri pada bagian belakang mata ini merupakan kondisi gejala DBD umum yang sering terjadi.

4. Mual dan Muntah 

Gejala DBD lainnya yang bisa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa adalah mual dan muntah. Mual dan muntah dapat terjadi selama dua hingga empat hari setelah paparan virus masuk dan menyerang di tubuh.

5. Tubuh Terasa Lelah

Demam yang disertai nyeri otot dan masalah pencernaan pada pengidap DBD dapat membuat nafsu makan menurun. Akibatnya, tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.

6. Ruam Merah

Ruam merah ini umum terjadi pada orang yang terkena DBD. Gejala ini biasanya berwarna kemerahan atau merah muda pucat yang muncul di wajah, dada, tangan dan kaki. Biasanya ruam merah dimulai pada hari ketiga dan berlangsung selama 2–3 hari.

Bila mengetahui seseorang yang mengalami gejala DBD, ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter. Dokter akan membantu untuk memastikan diagnosis dan penanganan yang tepat. Dengan begitu, komplikasi berbahaya hingga kematian akibat DBD bisa dicegah

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular