Minggu, Juli 21, 2024
BerandaSportTembus Semifinalis Euro 2024, Ini Catatan Manis Spanyol dibanding Tim Lain

Tembus Semifinalis Euro 2024, Ini Catatan Manis Spanyol dibanding Tim Lain

Jakarta – Spanyol tampil paling memukau di antara tim yang melaju ke semifinal Euro 2024. Sedangkan Prancis menjadi yang paling tak meyakinkan karena belum pernah mencetak gol murni dari situasi open play.

Empat semifinalis Euro 2024 berhasil melewati ujian lima laga dengan cara yang berbeda-beda. Spanyol menjadi yang paling menawan karena tak pernah kalah, bahkan selalu menang.

Usai menumbangkan Kroasia 3-0, Italia 1-0, dan Albania 1-0 di fase grup, La Furia Roja melanjutkan perjalanan di fase gugur dengan menghajar Georgia 4-1 dan membungkam tuan rumah Jerman 2-1. Total mereka sudah mengemas 11 gol dan hanya dua kali bobol.

Belanda juga tak kalah impresif usai mengalahkan Rumania 3-0 dan Turki 2-1 di fase gugur. Tim asuhan Ronald Koeman mampu bangkit dari keterpurukan usai kurang meyakinkan selama fase grup karena hanya menang sekali, seri sekali, dan kalah sekali.

Oranje juga menjadi satu-satunya tim yang lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik yang masih bertahan hingga kini. Serangan yang dibangun Cody Gakpo, Xavi Simons, hingga Memphis Depay terbukti kian mengerikan menuju akhir turnamen.

Inggris tampil ‘membosankan’ selama turnamen, namun meraih hasil lebih dari cukup untuk membawa mereka ke semifinal ketiga dalam empat turnamen mayor terakhir. Mereka juga menunjukkan mental kuat dengan belum menelan kekalahan.

The Three Lions bahkan dua kali bangkit dari posisi tertinggal di fase gugur sebelum meraih kemenangan. Mereka mengalahkan Slovakia 2-1 meski tertinggal hingga injury time babak kedua dan menyingkirkan Swiss via adu penalti usai kebobolan lebih dulu.

Terakhir adalah Prancis, yang menjadi tim ‘paling hoki’ dibanding tiga kontestan lain. Mereka memulai turnamen dengan kemenangan 1-0 atas Austria berkat gol bunuh diri. Tak ada yang mengira jika mereka akan terus kesulitan mencetak gol.

Usai ditahan Belanda tanpa gol di laga kedua fase grup, mereka lolos ke fase gugur berkat hasil imbang 1-1 atas Polandia. Mereka menekuk Belgia 1-0 di 16 besar(lagi-lagi) berkat gol bunuh diri lalu menang adu penalti atas Portugal usai bermain 0-0.

Dengan cara yang berbeda-beda, empat tim tersebut mampu bertahan sejauh ini. Spanyol akan berjumpa Prancis di semifinal, sedangkan Belanda bertemu Inggris. Tentu hanya akan ada satu yang menjadi juara.

Namun perlu diingat, sepak bola terkadang tak selalu bersikap ‘adil’. Bisa jadi Spanyol yang akan menjadi juara, dan itu akan dirasa layak oleh banyak pihak berkat rentetan gol dan permainan atraktif yang mereka tunjukkan selama turnamen.

Namun tak tertutup kemungkinan Prancis yang membuat banyak orang geleng-geleng kepala dengan mengangkat trofi Henri Delaunay di akhir Euro 2024. Siapapun, dengan perjalanan masing-masing, punya peluang yang sama menjadi juara.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular