Jumat, Maret 1, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANG SELATANSolusi Kurangi Sampah, DLH Kota Tangsel Gelar Sosialisasi TPS3R 

Solusi Kurangi Sampah, DLH Kota Tangsel Gelar Sosialisasi TPS3R 

CIPUTAT – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas lingkungan Hidup (DLH) menggelar sosialisasi peningkatan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Puspemkot Tangsel, Selasa (13/12/2022).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Irfan Santoso mengatakan bahwa salah satu fokus pemerintah saat ini ialah menjaga ekosistem lingkungan di Kota Tangsel agar tetap asri dan lestari.

Oleh karenanya, melalui sosialisasi peningkatan Program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) diharapkan dapat meningkatkan atau mengoptimalisasikan pengolahan sampah di TPS 3R.

“TPS 3R merupakan pion terdepan dalam pengurangan sampah di Kota Tangerang Selatan dengan jumlah TPS 3R sebanyak 40 unit dan mengelola sampah t 108 ton per hari namun demikian residu yang dihasilkan juga masih tinggi sekitar 50% dari sampah yang masuk,” ujar Irfan.

Irfan menjelaskan, Pemerintah Kota Tangsel juga telah mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai dalam aktivitas perdagangan melalui Perwal No. 83 Tahun 2022 tentang Pengurangan Sampah Plastik.

Menurutnya, kehadiran Perwal ini sejalan dengan intruksi Pemerintah Pusat atau KLHK dalam upaya pengendalian sampah dengan menargetkan 30% pengurangan sampah pada tahun 2025 melalui Jakstranas.

“Tangerang Selatan saat ini juga sudah menyusun Jakstrada serta tahun ini kami telah menetapkan Perwal No. 83 Tahun 2022 tentang Pengurangan Sampah Plastik. Kami juga sedang menyusun Raperwal tentang Pembatasan Timbulan Sampah,” ungkapnya.

Ia berharap seluruh elemen dan pemangku kepentingan dapat berkolaborasi untuk mengimplementasikan program 3R sehingga dapat mewujudkan Kota Tangsel sebagai kota yang minim dan terbebas dari sampah plastik

“mari kita bersama-sama mengurangi sampah mulai dari sumbernya. Para Pengurus TPS 3R yang hadir hari ini diharapkan bisa mengarahkan dan mengontrol pekerjaan para operator TPS 3R agar kinerja TPS 3R lebih meningkat dan residu yang dibuang semakin berkurang,” tandasnya

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia, praktisi Dari Bina Ekonomi Sosial Terpadu (BEST) Kota Tangsel.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular