Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaLifestyleSering Jerawatan? Atasi dengan Rutin Konsumsi 5 Jenis Teh Ini

Sering Jerawatan? Atasi dengan Rutin Konsumsi 5 Jenis Teh Ini

Jakarta – Jerawat tidak hanya bisa diatasi pakai krim muka saja. Namun, jerawat juga bisa dengan asupan dari dalam, seperti mengonsumsi 5 teh herbal ini.

Jerawat merupakan salah satu permasalah kulit yang cukup dihindari. Jerawat pun timbul karena beberapa faktor, mulai dari penyumbatan pori-pori, produksi minyak berlebihan, hingga pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes.

Banyak orang menganggap jerawat bisa diatasi dengan menggunakan produk kimia dari luar. Namun, para ahli percaya, pengobatan jerawat yang efeknya lebih signifikan yaitu pengobatan dari dalam ke luar.

Untuk itu disarankan mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti sayuran, buah-buahan, sampai teh. Konsumsi bahan alami dikenal jauh lebih aman dan memiliki lebih sedikit efek samping.

Selain mengubah pola makan menjadi lebih sehat, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba rutin minum 5 jenis teh ini. Merangkum thedaleydose.com (2104), berikut daftarnya!

1. Teh chamomile

Teh chamomile dikenal dengan efek yang menenangkan. Namun, jenis teh ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat.

Teh chamomile secara alami dapat melawan bakteri penyebab jerawat karena memiliki sifat antibakteri. Teh chamomile juga memiliki sifat astringent dan mampu mencerahkan kulit.

Selain itu, chamomile juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri akibat ketidakseimbangan hormon, seperti jerawat hormonal.

Jika ingin atasi jerawat dengan teh chamomile, kamu perlu memaksimalkan konsumsinya. Umumnya diminum satu sampai tiga cangkir sehari.

2. Teh spearmint

Belakangan ini teh spearmint sedang ramai dibicarakan karena khasiatnya yang baik untuk mengatasi masalah jerawat.

Spearmint beda dengan peppermint. Spearmint merupakan teh yang diseduh dari daun mint tinggi antioksidan. Aroma mint-nya lebih lembut dan manis.

Menurut National Cancer Institute, teh ini bersifat anti-androgen, artinya mencegah androgen (hormon seks pria) mengikat protein yang disebut reseptor androgen. Pada gilirannya, itu bisa mengurangi produksi sebum yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Jika ingin konsumsi teh spearmint, sebaiknya dibatasi sampai tiga cangkir saja. Sebab, jika berlebihan bisa menyebabkan muntah dan diare.

3. Teh jahe

Khasiat jahe telah dikenal sejak lama. Bahan herbal ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sempurna untuk mengatasi jerawat. Sebab,sifat anti-inflamasinya bisa mengurangi kemerahan dan membantu memperbaiki elastisitas dan tekstur kulit.

Jahe juga mengandung antiseptik dan antioksidan yang berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat. Jahe juga dikenal bisa mengeringkan jerawat dengan cepat. Oleh karena itu, kamu bisa menyeduh teh jahe untuk dikonsumsi setiap hari.

Jika teh lain maksimal diminum tiga cangkir, teh jahe bisa diminum sampai empat cangkir. Meskipun begitu, pastikan untuk tidak minum secara berlebihan.

4. Teh hijau

Teh hijau disebut-sebut yang paling efektif mengatasi jerawat. Teh ini memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) tertinggi. EGCG merupakan senyawa alami yang bersifat antioksidan.

Penelitian yang disebutkan oleh The Daley Dose menunjukkan, teh hijau yang diminum atau sekedar dioleskan ke kulit bisa membantu mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Namun, karena teh hijau mengandung sedikit kafein, ahli kesehatan menyarankan untuk minum antara tiga sampai lima cangkir sehari. Jangan lebih dari itu. Jika diminum dalam dosis tinggi, itu bisa menyebabkan risiko kesehatan lainnya.

5. Teh dandelion

Teh dari bunga dandelion tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki sifat anti bakteri. Teh dandelion juga memiliki sifat anti-jamur, yang membuatnya sempurna dijadikan obat untuk mengatasi jerawat.

Minum teh dandelion dapat mendetoksifikasi racun penyebab jerawat. Sifat antioksidannya dapat mengontrol sekresi hormon, serta membantu pori-pori mengeluarkan racun melalui keringat.

Oleh karena itu, minum teh dandelion dapat membantu menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat. Namun, konsumsinya perlu dibatasi, sekitar dua sampai tiga cangkir saja dalam satu hari.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular