Selasa, Juni 18, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN SERANGResmi Dibuka, 1.856 Peserta Siap Naik Panggung MTQ Ke-53 Kabupaten Serang

Resmi Dibuka, 1.856 Peserta Siap Naik Panggung MTQ Ke-53 Kabupaten Serang

SERANG – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Kabupaten Serang resmi dibuka pada Selasa (21/02/2023). Sebanyak 10 cabang dan 24 golongan akan dilombakan.

MTQ ke-53 Kabupaten Serang yang diikuti oleh 1.856 peserta dari 29 kecamatan ini dilaksanakan di Kecamatan Kramatwatu sejak 21-24 Februari 2023.

Asisten Daerah atau Asda I Pemkab Serang Nanang Supriatna mengatakan bahwa terdapat 110 orang yang akan menjadi hakim sesuai dengan SK Bupati Serang. Adapun tempat perlombaan masing-masing cabang golongan tersebar di alun-alun Kramatwatu.

“Peserta yang telah daftar pada panitia seleksi MTQ ke-53 Kabupaten Serang ada 1.856 dari 29 kecamatan se-Kabupaten Serang,” ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Serang di alun-alun Kecamatan Kramatwatu.

Nanang juga mengatakan, disekitar lokasi dan venue MTQ nantinya akan disediakan gerai UMKM.

“Tujuannya agar MTQ ke-53 Kabupaten Serang membawa dampak ekonomi signifikan untuk Kecamatan Kramatwatu dan berkah untuk masyarakat Kramatwatu,” ucapnya.

Baca Juga : HPN 2023, Bupati Serang: Terima Kasih Teman-teman Pers

Sementara itu, Staf ahli Gubernur Banten Komarudin berharap MTQ ke-53 Kabupaten Serang tentunya tidak semata dimaknai sebagai ajang kompetisi seni baca tulis Alquran. Namun MTQ harus menjadi wahana memantapkan komitmen bersama untuk menjadikan nilai Alquran sebagai landasan spirit beragama, bermasyarakat dan bernegara.

“Khususnya dalam pembangunan di Kabupaten Serang dan Banten,” ujarnya.

Menurut dia, Banten terkenal sebagai daerah yang kultur agamis. Oleh karena itu masyarakat dan Pemda harus menumbuh kembangkan nilai agama agar tidak hanya tercermin di kesolehan ritual, tapi juga sosial.

“Pemerintah provinsi Banten berharap kegiatan keagamaan termasuk MTQ hendaknya dimanfaatkan optimal sebagai wahana proses internalisasi dan aktualisasi ajaran Islam, sehingga jadi modal dasar energi pendorong menata kehidupan lebih baik,” ucapnya.

Pembukaan MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Serang dimulai dengan defile para kafilah dari 29 kecamatan. Para kafilah tersebut melintasi panggung utama yang disana telah hadir Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

Turut hadir dalam kegiatan tokoh pemuda Andika Hazrumy, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, para pejabat eselon II Kabupaten Serang, dan tokoh masyarakat, staf ahli Gubernur Banten Komarudin.

Selain itu, pembukaan MTQ juga dihadiri oleh Idrus Liga dangdut atau Lida 2021.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular