Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaJAKARTAPolri Usut Pembuat dan Penyebar Video Hoaks Polisi Jemput Ratusan Tentara China...

Polri Usut Pembuat dan Penyebar Video Hoaks Polisi Jemput Ratusan Tentara China di Bandara

JAKARTA – Mabes Polri memastikan video viral yang menarasikan anggota kepolisian menjemput ratusan tentara China di area bandara sebagai informasi hoaks. Pembuat dan penyebar video hoaks itu pun kini bakal diusut.

“Bila menemukan postingan atau pun pemberitaan yang menyebarkan pemberitaan bohong atau hoaks yang meresahkan masyarakat melalui medsos, tentu Polri akan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap hal tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Sabtu (4/2/2023).

Video hoaks itu diketahui tengah viral di media sosial. Pembuat video membangun narasi seolah-olah anggota kepolisian Indonesia memberikan pelayanan penjemputan kepada tentara China di area bandara.

Ramadhan mengatakan pihaknya kini bakal melakukan patroli siber untuk mengungkap identitas dari pembuat dan penyebar video hoaks tersebut.

“Polri dalam hal ini akan mengoptimalkan patroli siber,” katanya.

Viral di Media Sosial

Video yang menunjukkan sejumlah personel pasukan berseragam yang disebut tentara China di area bandara viral di media sosial (medsos). Polisi memastikan informasi dalam video tersebut tidak benar (hoaks).

“Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah hoaks,” demikian pernyataan Polri melalui akun Instagram @divisihumaspolri.

Sejumlah akun juga membuat narasi bahwa tentara China tersebut dijemput menggunakan truk polisi. Lalu dibuat juga narasi berupa pertanyaan yang mengaitkan polisi Indonesia dengan tentara China.

“Kesekian kalinya tentara China mendarat di Bandara Sutta,” demikian salah satu tulisan di video hoaks tersebut.

Dalam video tersebut, terlihat ada truk bertulisan ‘Polisi Korps Brimob’. Namun truk itu dinarasikan untuk menjemput tentara China.

Sejumlah akun medsos yang mengunggah video tersebut membuat narasi sejenis. Ada yang menyebutkan tentara China tersebut mendarat tengah malam.

Ada juga yang menyebut tentara China yang datang tersebut berjumlah ratusan. Video hoaks soal kedatangan tentara China tersebut disebarkan di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga TikTok.

Beberapa akun yang memposting video tersebut adalah akun TikTok @99bima_satria dan akun Twitter Mencaricinta99.

Polri menjelaskan pasukan berseragam yang berada di area bandara tersebut merupakan pasukan Brimob. Keberadaan pasukan Brimob di area bandara tersebut karena baru selesai melaksanakan tugas operasi di Papua.

Karena itu, kabar soal ratusan tentara China dijemput polisi di bandara dipastikan hoaks.

“Beredar sebuah unggahan video di postingan akun TikTok @99bima_satria dengan tambahan narasi ‘ada apa Polisi kita dgn tentara china’ dengan cuplikan puluhan tentara yang tengah berada di suatu bandara,” tulis Divisi Humas Polri.

“Faktanya, konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua,” tambahnya. (red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular