Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGPengamat Apresiasi Kerja Nyata Pemkot Tangerang Tuntaskan Pendidikan

Pengamat Apresiasi Kerja Nyata Pemkot Tangerang Tuntaskan Pendidikan

TANGERANG – Penyelesaikan dunia pendidikan di Kota Tangerang mendapat sorotan dari Pengamat Kebijakan Publik sekaligus dosen di Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansah. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang perlu diapresiasi dalam program bantuan sosial (bansos) beasiswa perguruan tinggi dan sekolah swasta gratis ditingkat SD dan SMP.

Menurut pria berkacamata ini, dua program pendidikan ini merupakan kerja nyata Pemkot Tangerang dalam menuntaskan pendidikan di Kota Tangerang. Bagaimana menjangkau dan memfasilitasi warganya untuk dapat mengenyam pendidikan secara maksimal hingga perguruan tinggi.

“Apalagi, bansos perguruan tinggi sudah digelontorkan sejak 2021 silam. Membantu mereka yang ingin duduk dibangku perkuliahan lewat dana Dinas Sosial (Dinsos), bukti nyata Pemkot Tangerang berpikir keras bagaimana program ini tersalurkan. Karena, universitas bukan dalam naungan Pemkot Tangerang, mereka hanya sampai tingkat SMP,” tutur Trubus.

Kata Trubus, program ini harus menjadi percontohan bagi kota dan kabupaten lainnya di Indonesia. Bagaimana pemerintah hadir disetiap kebutuhan masyarakat, dan bagaimana anggaran yang ada diutamakan untuk rakyatnya.

“Apalagi ini kebutuhan penunjang pendidikan tinggi, untuk mereka para penerus Kota Tangerang. Saya rasa, program seperti ini harus dimasifkan, dengan jumlah penerima di setiap tahunnya diperbanyak. Pastinya, saya pribadi apresiasi program ini,” kata Trubus.

Sementara itu, Kepala Dinsos, Kota Tangerang, Mulyani menyatakan sejak 2021 bansos perguruan tinggi sudah diraskana oleh 830 mahasiswa. Pemkot Tangerang menyalurkan dana pendidikan Rp6 juta per mahasiswa, dengan satu kali penyaluran. Diperuntukkan untuk para mahasiswa yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dengan adanya bansos mahasiswa ini dapat memotivasi dan memberikan semangat bagi generasi muda di Kota Tangerang untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Sehingga, dapat menjadi bagian untuk membangun Kota Tangerang menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Sebagai informasi, apabila masyarakat Kota Tangerang belum terdaftar di DTKS maka dapat melakukan pengajuan pencatatan melalui Kelurahan setempat yang nantinya akan diverifikasi. Aplikasi Tangerang LIVE dapat diunduh melalui Play Store dan App Store secara gratis. Informasi selengkapnya, dapat dilihat melalui laman dinsos.tangerangkota.go.id dan Instagram dinsoskotatangerang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular