Kamis, Juli 25, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGPembangunan Ruang Publik Pemkot Tangerang Dinilai Sangat Bermanfaat Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Pembangunan Ruang Publik Pemkot Tangerang Dinilai Sangat Bermanfaat Sesuai Kebutuhan Masyarakat

TANGERANG – Jargon “liveable” dan “visitable” di Kota Tangerang semakin terbuki dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam menyediakan ruang publik berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman lingkungan mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat.

Salah seorang akademisi dari Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Memed Chumaidi semisal, mengungkapkan bahwa Pemkot Tangerang dalam satu dekade terakhir berhasil membawa dampak pembangunan yang signifikan untuk kepentingan masyarakat. Terutama mengenai pembangunan di sektor lingkungan yang berkelanjutan, Pemkot Tangeerang dinilai berhasil menghadirkan RTH, serta menyulap tempat-tempat yang sebelumnya terbengkalai menjadi taman-taman lingkungan yang saat ini banyak dikunjungi masyarakat.

“Pemkot Tangerang telah menunjukkan indikator keberhasilan dalam berbagai sektor pembangunan. Seperti di sektor lingkungan, keberadaan ratusan RTH di Kota Tangerang dapat berguna untuk vegetasi dalam menghasilkan oksigen dan menyerap polutan di tengah lingkungan urban,” ujarnya yang juga merupakan pengamat kebijakan publik, Selasa, (12/12/23).

Salah seorang warga Cibodas, Kota Tangerang, Citra Palupi juga menambahkan, pembangunan RTH dan taman lingkungan yang kini menjadi ruang publik telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara umum. Di tengah keterbatasan di lingkungan urban, keberadaan RTH dan taman lingkungan menjadi titik kumpul (meeting point) favorit bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Pembangunannya cukup membawa perbedaan yang sangat terasa. Dulu kalau mau menyelenggarakan kegiatan publik sulit untuk terfasilitasi, lewat adanya RTH, taman lingkungan, atau ruang publik lainnya, kini menjadi terfasilitasi. Saya dan masyarakat lainnya menjadi tidak kesulitan untuk mencari ruang untuk bersantai, berolahraga, atau hanya untuk mencari tempat untuk anak-anak bermain menyenangkan,” tambahnya.

Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mencatat terdapat 212 RTH yang tersebar hampir di seluruh penjuru wilayah Kota Tangerang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular