Minggu, Juli 21, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGFinal Lomba Perahu Naga Jadi Penutup Festival Peh Cun 2024 Kota Tangerang

Final Lomba Perahu Naga Jadi Penutup Festival Peh Cun 2024 Kota Tangerang

TANGERANG – Sepekan diselenggarakan Festival Perahu Naga Peh Cun 2575/2024. Terlihat antusiasme masyarakat datang ke penyelenggaraan yang rutin diadakan setiap satu tahun sekali di Kota Tangerang. Mereka memadati bantaran Sungai Cisadane, Jalan Raya Kalipasir, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Minggu (16/4/2024).

Diketahui, Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 diisi dengan ragam kegiatan seperti aksi sosial donor darah, bersih-bersih bantaran Sungai Cisadane, ritual memandikan perahu dan mendirikan telur, sembahyang YUE, gambang kromong, serta pada puncak acara yakni lomba perahu naga dan perahu papak.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Perahu Naga Peh Cun 2024 Herlinawati menuturkan, terdapat 10 kelompok peserta dari masing-masing kategori. Di mana pada hari terakhir ini ada lima besar peserta yang akan bertanding untuk menentukan Juara lomba perahu naga dan perahu papak.

“Antusiasme peserta setiap tahunnya luar biasa, apalagi peserta lomba perahu naga dan perahu papak ini tidak hanya dari Kota Tangerang, namun juga terdapat dua kelompok peserta dari Jakarta. Namun mereka tidak lolos ke babak final, tapi ini menjadi perhatian yang sangat bagus bahwa Festival Perahu Naga Peh Cun selalu menjadi daya tarik masyarakat dari berbagai daerah,” tuturnya.

Ia pun mengungkapkan, pada Festival Perahu Naga Peh Cun 2575/2024 ini juga dimeriahkan dengan adanya stand bazar yang diisi oleh siswa dari sekolah Buddhi Dharma dan Setia Bhakti. Tentunya ini merupakan kesempatan bagi para siswa untuk belajar berwirausaha.

“Kami ingin generasi muda ini dapat melihat dan belajar bahwa Festival Perahu Naga Peh Cun merupakan suatu tradisi dan budaya yang harus diteruskan. Apalagi rencananya pemerintah akan menjadikan kegiatan ini sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kota Tangerang,” ujar Herlinawati.

Pada babak final, tim Kongco Pehcun dan tim Naga Hitam bersaing memperebutkan juara I pada dua kategori lomba yakni perahu naga dan perahu papak. Akhirnya tim Naga Hitam keluar sebagai juara I kategori perahu naga.

“Alhamdulillah ini merupakan kemenangan kami kembali setelah terakhir menjuarai di tahun 2015. Tentunya kami masih akan berjuang di kategori selanjutnya yakni perahu papak. Semoga hasilnya bisa menjadi yang terbaik,” ujar pelatih tim Perahu Naga Muhammad Irwansyah.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular