Selasa, Juni 18, 2024
BerandaJAKARTAFerdy Sambo Ajukan Banding, Pakar Hukum : Upaya Lolos dari Hukuman Mati

Ferdy Sambo Ajukan Banding, Pakar Hukum : Upaya Lolos dari Hukuman Mati

JAKARTA – Pakar hukum pidana, Hery Firmansyah menyatakan upaya banding yang diajukan Ferdy Sambo merupakan upayanya untuk lolos dari hukuman mati. Diketahui, Ferdy Sambo mengajukan banding atas vonis hukuman mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) atas perkara dugaan pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

“Kalau kita lihat dari putusan ya pastinya tidak menguntungkan ya karena sudah diputus bahkan lebih dari tuntutan jaksa penuntut umum dan maksimal dari putusan hakim yaitu pidana mati maka tidak ada cara lain selain harus mengajukan banding untuk terlepas dari jeratan hukum itu gitu,” ucap Hery di Gedung Commodity Square, Senin (20/2/2023).

Baca Juga : Ferdy Sambo Divonis Mati, Keluarga Brigadir J Ucapakan Terima Kasih

Hery menyebut permohonan banding yang diajukan Sambo memang sesuai dengan ketentuan Pasal 67 KUHAP. Pasal itu menyebutkan, baik penasihat hukum terdakwa maupun jaksa penuntut umum (JPU) memiliki hak untuk mengajukan banding atas putusan majelis hakim kecuali untuk putusan bebas dan lepas.

“Sesuai dengan ketentuan pasal 67 KUHAP bahwa hal itu kan dimaknai sebagai haknya dari masing-masing pihak ya untuk melakukan hal itu baik dari jaksa penuntut umum maupun dari penasehat hukum jadi memang ada kanal atau ruang konstitusional yang diberikan oleh hukum acara pidana dan juga pembentuk undang-undang tetapi dalam hal ini kita akan menunggu apakah putusannya nanti sesuai dengan harapannya di tingkat banding atau bahkan sama begitu ya atau bahkan bisa lebih rendah. Kalau lebih rendah pasti itu yang diharapkan dari diajukannya banding oleh Sambo,” paparnya.

Sebagai pakar hukum pidana Hery menyatakan, banding diajukan ini sebagai upaya Ferdy Sambo meringankan hukuman yang diterima. Dalam hal ini Sambo tengah berupaya untuk lolos dari vonis mati. Dikatakan, peluang Ferdy Sambo untuk lolos dari vonis mati masih terbuka.

“Bicara peluang itu nol koma nol sekian persen juga peluang ya selama belum dibacakan putusan hakim itu maka peluang itu masih ada sehingga ia menjaga asanya kan,” tutupnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular