Selasa, Juni 18, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN PANDEGLANGDiduga Akibat Puntung Rokok, Pabrik Pengolahan Kayu di Pandeglang Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Pabrik Pengolahan Kayu di Pandeglang Terbakar

PANDEGLANG – Pabrik pengolahan kayu di Kampung Citereup RT 02 RW 02, Desa Citereup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten ludes terbakar pada Kamis (14/9/2023) sekitar pukul 02.58 WIB.

Kasi Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang, Endan Permana mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran pabrik kayu milik Iim Paryono disebabkan dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Diduga, puntung rokok tersebut tidak sengaja dibuang oleh seseorang ke bubuk limbah kayu yang tidak jauh dari lokasi yang mengakibatkan api membakar semua bangunan pabrik.

“Menurut keterangan warga kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran dari puntung rokok dikarenakan tidak ada arus listrik di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa namun kerugian belum dapat ditaksir,” kata Endan, Kamis (14/9/2023).

Kata dia, api baru berhasil dipadamkan setelah 1 unit pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. “Api berhasil dipadamkan sekitar 90 menit setelah tim datang ke lokasi serta melakukan penguraian sisa bara yang masih terbakar,” ungkapnya.

Endan mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan membuang bara api khususnya puntung rokok pada musim kemarau seperti saat ini. Pasalnya, musim kemarau seperti ini musibah kebakaran gampang terjadi meski hanya dari puntung rokok.

“Kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menghadapi musim kemarau ini karena kejadian kebakaran mudah terjadi akibat serpihan api skala kecil menjadi besar sehingga terjadi kebakaran yang lebih besar. Jangan buang puntung rokok sembarangan dan jenis api yang lainya agar kita terhindar dari kebakaran rumah maupun lahan,” pesannya. (Red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular