Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaBANTENKABUPATEN SERANGDidaulat Jadi Dewan Pembina, Andika Hazrumy Dapat Dukungan Memimpin Banten

Didaulat Jadi Dewan Pembina, Andika Hazrumy Dapat Dukungan Memimpin Banten

SERANG – Andika Hazrumy yang merupakan tokoh masyarakat sekaligus Wakil Gubernur Provinsi Banten periode 2017-2022 mendapatkan dukungan dari padepokan Giri Mantaka untuk memimpin Provinsi Banten mendatang.

Dukungan itu Ia terima saat menghadiri deklarasi padepokan Giri Mantaka di pelataran situs sejarah Bendungan Pamarayan Lama, Pamarayan, Kabupaten Serang, Selasa (7/6/2022).

Ketua Dewan Penasehat Padepokan Giri Mantaka Zaenal Arifin mengatakan, deklarasi tersebut sebagai bentuk dukungan karena cita-cita padepokan tradisi Banten ialah menjemput sosok Andika untuk memimpin Provinsi Banten

“Deklarasi ini sekaligus untuk menegaskan tujuan kami menjempu Aa (menyebut Andika) untuk memimpin Provinsi Banten ke depan,” tegas Zaenal

Ia menambahkan, dukungan ini didasari dengan pertimbangan rasional yakni melihat kapasitas Andika selama menjadi Wagub Banten, juga pertimbangan kearifan lokal ilmu falak yang ditekuni padepokan tersebut.

“Kaitan dengan itu, tema deklarasi kita hari ini berbunyi ‘Mapag Pupuhu Pusaka Banten. Dan Aa lah pupuhu pusaka yang sedang kita papag atau jemput itu,” paparnya.

Sementara itu diterangkan Zaenal, padepokan yang didirikannya itu sendiri memiliki tujuan pelestarian seni tradisi dan kebudayaan Banten seperti pencak silat, kecapi suling, debus dan ilmu falak.

Andika sendiri dalam sambutannya mengapresiasi dukungan yang diberikan secara khusus oleh padepokan tersebut. Andika yang didaulat menjadi ketua dewan pembina padepokan tersebut mengaku memohon doa dari pengurus dan anggota padepokan khususnya, serta warga Banten pada umumnya.

“Tentu saya sangat terharu dengan dukungan ini. Saya mohon doanya agar semua yang kita niatkan dapat diberi kemudahan,” kata Andika.

Lebih jauh Andika berpesan agar pengurus dan anggota padepokan tersebut untuk secara bersungguh-sungguh dalam upaya melestarikan tradisi dan kearifan lokal Banten sebagaimana tujuan dibentuknya padepokan tersebut.

Tidak lupa Andika juga berpesan agar pengurus dan anggota padepokan senantiasa menerapkan filosopi silih asah silih asuh dan silih asih dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di tengah-tengah masyarakat.

“Padepokan Giri Mantaka harus menjadi pemersatu di tengah-tengah masyarakat Banten yang beragam,” katanya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular