Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaNASIONALAnies Janji Jamin Kebebasan Berpendapat: Wakanda No More, Indonesia Forever

Anies Janji Jamin Kebebasan Berpendapat: Wakanda No More, Indonesia Forever

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, berjanji menjamin kebebasan berpendapat jika menjadi presiden. Dia tak ingin orang takut memberikan kritik kepada pemerintah.

“Saya ingin sampaikan kepada semua, kebebasan berpendapat akan dijamin, kita tidak mengizinkan lagi situasi di mana orang takut,” kata Anies dalam Debat Pilpres 2024 perdana yang digelar di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Hal tersebut disampaikan Anies pada sesi pernyataan penutup. Dengan adanya kebebasan berpendapat, Anies mengatakan tak akan ada lagi yang menggunakan istilah ‘wakanda’ untuk merujuk negara Indonesia.

“Maka itu saya sampaikan wakanda no more, Indonesia forever,” ucapnya.

Dalam beberapa kesempatan, Anies memang kerap menyinggung soal penggunaan istilah ‘wakanda’ atau ‘konoha’ saat dipakai pihak yang ingin menyampaikan kritik atas kondisi di Indonesia.

Lebih lanjut, Anies mengatakan khalayak luas ingin praktik korupsi di Indonesia berantas hingga tuntas. Selain itu, menurutnya, banyak yang ingin agar pemerintah memberikan pelayanan terbaik.

Kemudian, dia menyinggung soal pelanggaran etika. Menurutnya, saat ini Indonesia berada di persimpangan antara tetap menjadi negara hukum atau berubah menjadi negara kekuasaan.

“Sekarang ini kita di persimpangan jalan, antara tetap menjadi negara hukum di mana kekuasaan dikendalikan oleh hukum atau kita menjadi negara kekuasaan di mana hukum diatur dan dikendalikan oleh penguasa,” kata dia.

Menurutnya, sikap menjunjung etika diuji oleh para kontestan Pilpres 2024. Anies mengatakan pihaknya menawarkan perubahan.

“Dalam situasi itu, saya ingin sampaikan, ini adalah sebuah gerakan perubahan, kita ingin sama-sama. Kita ingin mengembalikan tetap menjadi negara hukum di mana kekuasaan dikendalikan,” katanya. (red)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular