Senin, Juli 22, 2024
BerandaNASIONALUndian dan Jadwal Lengkap German Open 2024 Mulai digelar Hari Ini

Undian dan Jadwal Lengkap German Open 2024 Mulai digelar Hari Ini

Jakarta – Turnamen bulutangkis German Open 2024 siap digulirkan mulai hari Selasa (27/2/2024) hari ini. Dua wakil Indonesia tercatat sebagai pemain unggulan. Simak jadwal dan hasil undiannya.

Setelah menggelar kejuaraan beregu bertajuk Badminton Asia Team Championships yang berakhir 18 Februari lalu, BWF melanjutkan rangkaian turnamennya dengan menyelenggarakan German Open di Mulheim, 27 Februari-3 Maret.

German Open sendiri sudah digelar sejak 1955 dengan menyelenggarakan 64 edisi. Statusnya dari mulai BWF Grand Prix Gold hingga 2017 dan berubah menjadi Super 300, atau masuk level 5 BWF World Tour, mulai tahun berikutnya hingga kini.

Sepanjang keikutsertaannya di German Open, Indonesia sudah mengantongi 16 gelar dengan tunggal putra paling banyak koleksinya yaitu 6 kali juara, sedangkan ganda campuran baru sekali. Sisanya datang dari tunggal putri, ganda putri, serta ganda putra.

Pada tahun ini, Merah Putih tak mengirimkan wakilnya secara penuh ke German Open 2024. PBSI sengaja mengatur turnamen yang diikuti para atlet karena padatnya jadwal yang berlangsung Maret ini.

Tercatat ada enam turnamen yang berlangsung pada bulan depan, bahkan dua di antaranya memiliki jadwal yang sama yaitu Orleans Masters dan All England Open pada 12-17 Maret. Selain tiga turnamen itu, ada French Open, Swiss Open, dan Spain Masters.

Sehubungan dengan padatnya agenda tersebut, hanya empat wakil yang diturunkan PBSI di German Open 2024 yakni Alwi Farhan, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Alwi akan memulai debutnya di German Open kali ini dengan tampil dari babak kualifikasi. Dari hasil undian, Alwi akan melawan Fabio Capinio (Italia).

Berbeda dengan Alwi, tiga pasang ganda campuran langsung main dari babak utama atau 32 besar. Rinov/Phita akan melawan pemenang dari babak kualifikasi kedua. Di ajang ini, mereka berstatus sebagai unggulan kedelapan. Sementara Rehan/Lisa, pasangan seeded ketujuh, akan bentrok dengan ganda campuran Skotlandia Adam Hall/Julie Machpherson.

Sementara Dejan/Glo langsung menghadapi unggulan kelima dari Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek. Ganda campuran non Pelatnas PBSI ini bertekad mengikuti seluruh turnamen Eropa yang ada karena tengah mengejar poin buat lolos Olimpiade.

“Turnamen Eropa semua lima turnamen dari Jerman sampai Spain,” kata Dejan kepada pewarta, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat.

“Pasti kami inginnya yang terbaik ya, maksudnya sebisa mungkin minimal lah, 8 besar atau semifinal lah ya. Jadi bisa menambah poin-poin (Olimpiade) kami juga gitu. Karena poinnya enggak terlalu jauh sih (dengan ganda campuran lain), cuma beda beberapa sedikit-lah. Jadi masih ada kans (lolos),untuk kami juga sih,” ujarnya.

Nah untuk jadwalnya, turnamen ini akan lebih dulu tampil mempertandingkan babak kualifikasi pada 27 Februari. Biasanya, fase ini hanya bergulir satu hari, pada pagi hingga siang hari. Mereka yang tampil akan memperebutkan tiket ke babak utama atau 32 besar.

Setelah mendapatkan wakil-wakil yang lolos ke babak utama, dilanjutkan babak 32 besar atau babak pertama yang akan berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu. Kemudian seluruh peserta yang lolos ke babak kedua German Open 2024 akan kembali bertanding pada hari berikutnya, hingga partai final pada Minggu (3/3).

Berikut Jadwal Lengkap German Open 2024
Selasa (27/2) : Kualifikasi dan Babak pertama
Rabu (28/2) : Babak pertama atau 32 besar
Kamis (29/2) : Babak kedua atau 16 besar
Jumat (1/3) : Perempatfinal
Sabtu (2/3): Semifinal
Minggu (3/3) : Final

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular