Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGTPS3R Di Kota Tangerang Mampu Kurangi 2,7 Juta Kilogram Sampah

TPS3R Di Kota Tangerang Mampu Kurangi 2,7 Juta Kilogram Sampah

TANGERANG – Pengurangan sampah mulai dari sumber merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Salah satunya, yang dilakukan di Kota Tangerang ialah memaksimalkan penerapan Tempat Pengelolaan Sampah Reduse Reuse Recycle (TPS3R), yang kini ada di tujuh lokasi di Kota Tangerang.

Diketahui, tujuh TPS3R tersebut ialah TPST Dongkal Kecamatan Cipondoh, TPST Bina Mandiri Kecamatan Periuk, TPST Nerogtog Kecamatan Pinang, TPST Karsa Mandiri Kecamatan Neglasari, TPST Sapu Pengki Kecamatan Cipondoh, TPST Widatama Kecamatan Karawaci, TPST Benua Kecamatan Karawaci.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian menuturkan, TPS3R adalah tempat pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang dan pendauran ulang sampah pada skala kawasan atau komunal. Namun, dalam hal ini melibatkan masyarakat sekitar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar yang berpenghasilan rendah.

“Tidak main-main efek dari TPS3R, DLH Kota Tangerang mencatat setiap tahunnya sekitar 2,7 juta kilogram sampah berhasil diolah oleh TPS3R yang juga olahan sedekah sampah dan bank sampah,” ungkap Tihar, Jumat (3/5/24).

Lanjut Tihar, hampir 60 persen sampah yang dikelola TPS3R juga berhasil menjadi kompos dan digunakan warga untuk penghijauan bahkan diperjualbelikan sehingga menjadi pendapatan. Tidak main-main, setiap TPS3R di Kota Tangerang sudah berpenghasilan cukup maksimal, untuk membayar pegawai, hingga peningkatan fasilitas lingkungan sekitar.

“Bahkan, banyak kisah TPS3R di Kota Tangerang menjadi wadah para warga menabung dari hasil sampah-sampah yang dikumpulkan,” katanya.

Oleh karenanya, kehadiran TPS3R diharapkan dapat membantu proses pengolahan sampah kawasan. Sehingga, sampah bisa didaur ulang dan mengurangi tumpukan sampah di tempat pemrosesan akhir.

“Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah sudah baik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang, meski tidak seutuhnya karena tetap akan ada yang tersisa,” tutup Tihar.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular