Sabtu, Juli 27, 2024
BerandaLifestyleTernyata Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari Bisa Bantu Turunkan BB

Ternyata Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari Bisa Bantu Turunkan BB

Jakarta – Jalan kaki menjadi salah satu pilihan olahraga bagi banyak orang yang ingin menurunkan berat badan. Mengetahui berapa jarak ideal untuk jalan kaki bisa menjadi kunci keberhasilan dalam program penurunan berat badan seseorang.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun. Ini tidak hanya membantu membakar kalori, tapi juga meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Dengan menemukan jarak yang tepat dan konsisten dalam melakukannya, seseorang dapat mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih efektif.

Dikutip dari situs Medical News Today, hasil penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa seseorang yang menempuh jarak sekitar 10 ribu langkah atau kurang lebih setara dengan jarak 8 kilometer setiap harinya, dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, seseorang yang melebihi angka 10 ribu langkah per hari diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Aktivitas jalan kaki ini dianggap efektif untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh. Tetapi, besarnya kalori yang terbakar pada masing-masing individu tidak selalu sama. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa kemampuan membakar kalori dari berjalan kaki dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis kelamin dan berat badan seseorang.

Dengan berjalan kaki sejauh 1,6 kilometer, bisa membantu tubuh membakar sekitar 100 kalori. Para peneliti telah melakukan studi untuk mengukur seberapa efektif berjalan kaki dalam membakar kalori. Mereka mengamati orang-orang yang berjalan dengan kecepatan rata-rata sekitar 5 kilometer per jam. Hasilnya, mereka bisa membakar sekitar 90 kalori setiap mil yang mereka tempuh atau sekitar 1,6 kilometer.

Jadi, untuk orang-orang yang mencari cara yang efisien untuk membakar kalori, berjalan kaki mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kecepatan, jarak, serta karakteristik individu seperti jenis kelamin dan berat badan.

Untuk meningkatkan pembakaran kalori secara signifikan setiap harinya, seseorang bisa menerapkan strategi, seperti menganggap jalan kaki menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan, memilih menggunakan tangga daripada lift, atau memilih tempat parkir yang letaknya jauh dari kantor atau tempat kerja.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular