Minggu, Juli 21, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANG SELATANPemkot Tangsel : PSEL Bakal Ubah Sampah Menjadi Energi Listrik

Pemkot Tangsel : PSEL Bakal Ubah Sampah Menjadi Energi Listrik

TANGSEL – Penangan pengelolaan sampah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus menjadi perhatian Khusus Dinas Lingkungan Hidup (DLH), terbarukan adalah inovasi DLH Tangsel memperisapkan tehnologi terbarukan bakal menjadikan sampah menjadi energi listrik.

Pengelolaan sampah menjadi energi listrik menjadi perhatian bersama Pemerintah Tangsel dan Pemerintah Pusat, dimana Pengelolaan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) menjadi Proyek Strategis Nasional.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Tangsel Tubagus Apriliadhi Kusumah Perbangsa, S.STP mengatakan PSEL merupakan proyek strategis nasional dan posisinya sedang on progres tender, manfaat dari tehnologi ini sangat membantu Pemerintah Tangsel dalam menangani sampah yang memang menjadi kendala terbatasnya lahan pembuangan akhir, PSEL ini dapat membantu mengurangi tonase sampah yang saat ini di tampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang.

“Diharapkan segera terwujud sebagai solusi dan masa depan dari penanganan masalah lingkungan hidup, khususnya penanganan sampah di Kota Tangerang Selatan.” kata Apriliadhi, Rabu (10/07/2024).

Apriliadhi menjelaskan, proyek PSEL dalam proses tender untuk mencari calon investor pembangunan dan operasional PSEL, dimana pembiayaan Proyek PSEL akan dibebankan kepada investor pemenang tender atau lelang proyek tersebut.

“Untuk operasionalnya Pemerintah Kota Tangerang Selatan hanya membayar biaya pengelolaan sampah saja.” ujarnya.

Apriliadhi menjelaskan, saat PSEL beroperasi, inovasi penangan sampah ini menjadi solusi atas pengelolaan dan penanganan sampah di TPA Cipeucang yang sudah Overload.

” PSEL kedepannya akan mengurai sampah yang sudah menggunung di TPA Cipeucang dan bisa meminimalisir terjadinya over capasity di TPA tersebut.” pungkasnya. (Adv_DLH_Kebersihan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular