Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaTANGERANG RAYAKOTA TANGERANGPembangunan Sistem Pengendali Banjir Pemkot Tangerang Dinilai Efektif, Warga: Kami Rasakan Manfaatnya...

Pembangunan Sistem Pengendali Banjir Pemkot Tangerang Dinilai Efektif, Warga: Kami Rasakan Manfaatnya secara Langsung!

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang gencar menuai apresiasi atas kinerja mengantisipasi potensi terjadinya banjir di Kota Tangerang. Salah satunya, Pemkot Tangerang secara konsisten terus melakukan pembangunan dan mengoptimalkan berbagai infrastruktur Sistem Pengendali Banjir, seperti embung, turap, drainase, pintu air, dan sebagainya.

Pembangunan infrastruktur Sistem Pengendali Banjir di Kota Tangerang juga dinilai berhasil memberikan dampak manfaat yang signifikan bagi masyarakat secara langsung. Pasalnya, pembangunan infrastruktur seperti embung atau cekungan penampung (retention basin), situ, turap, pintu air, dan drainase mampu dioptimalkan untuk menampung air hujan dengan volume yang cukup besar, serta mengantisipasi terjadinya genangan di berbagai wilayah, khususnya lingkungan pemukiman, di Kota Tangerang.

“Kami sungguh merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan di sekitar lingkungan pemukiman ini ya. Dulu, sebelum pembangunan digencarkan secara optimal, kami selalu khawatir akan datangnya banjir selama musim penghujan. Sekarang, relatif lebih aman, air hujan dan genangan jadi semakin terkendali lewat pemanfaatan berbagai infrastruktur tersebut,” ujar salah satu warga Cipondoh, Kota Tangerang, Sanusi, Kamis, (14/12/23).

Saat ini, Pemkot Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mencatat memiliki 12 embung, 6 situ, dan ratusan turap serta drainase yang disiapkan untuk mengantisipasi potensi terjadinya banjir di Kota Tangerang. Bahkan, pembangunan infrastruktur Sistem Pengendali Banjir ini telah terbukti mampu menurunkan angka luas genangan sekitar 43 sampai 44 hektar setiap tahunnya.

“Seluruh pekerjaan (pembangunan infrastruktur) yang kami lakukan dilaksanakan berdasarkan “master plan” pengendalian banjir di Kota Tangerang yang telah disusun sejak tahun 2017 lalu. Hasilnya juga perlahan terbukti sangat efektif, banyak wilayah yang dulu langganan banjir kini dinilai aman ketika musim penghujan datang,” tambah Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono.

Selain itu, Pemkot Tangerang berharap berbagai infrastruktur tersebut dapat terus dioptimalkan untuk mengantisipasi potensi terjadinya banjir dalam jangka panjang di Kota Tangerang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular