Sabtu, Juni 22, 2024
BerandaJAKARTAMuseum Nasional Kebakaran, Bagaimana Nasib Benda Bersejarah di Dalam?

Museum Nasional Kebakaran, Bagaimana Nasib Benda Bersejarah di Dalam?

Jakarta – Gedung A di Museum Nasional kebakaran. Pihak Museum Nasional belum bisa memastikan nasib benda-benda bersejarah di dalamnya.

“Terkait kebakaran Museum Nasional Indonesia masih dalam proses pemadaman dan investigasi, sehingga kami belum dapat menginformasikan lebih detail terkait keadaan benda bersejarah yang ada didalam Museum khususnya Gedung A,” kata Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra, Sabtu (16/9/2023).

Saat ini, Museum Nasional memprioritaskan perlindungan terhadap benda-benda bersejarah yang ada di dalam. Banyak artefak-artefak berharga di lokasi seberang barat Monas ini.

“Saat ini, prioritas utama kami adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum. Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan menghindari kerusakan terhadap koleksi dan benda sejarah,” kata Ahmad Mahendra.

Begitu api padam, Museum Nasional akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan ini berjalan dengan transparan,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menjelaskan ruangan yang terbakar berisi benda-benda pameran. Dia mengatakan ada koleksi yang terbakar.

“Nggak, nggak. Itu ruang pameran. Isinya koleksi pameran. Ya hangus. (Bendanya) kurang tahu saya. Yang tahu (pihak) museum,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Suku Dinas Gulkarmat Jakpus, kebakaran ini terjadi pukul 20.00 WIB , waktu pelokalisiran api pukul 20.40 WIB, dan waktu pendinginan pukul 21.47 WIB.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular