Minggu, Juli 21, 2024
BerandaSportComeback 2-1 vs Slovakia, Inggris Pastikan Lolos ke Perempatfinal

Comeback 2-1 vs Slovakia, Inggris Pastikan Lolos ke Perempatfinal

Gelsenkirchen – Inggris bangkit dari ketinggalan untuk berbalik mengalahkan Slovakia 2-1 di babak perpanjangan waktu. Inggris berhak melangkah ke perempatfinal Euro 2024.

Pertandingan babak 16 besar antara Inggris vs Slovakia dihelat di AufSchalke Arena, pada Minggu (30/6). Slovakia berhasil memimpin lebih dulu berkat gol Ivan Schranz di pertengahan paruh pertama.

Jude Bellingham membuyarkan kemenangan Slovakia yang sudah di depan mata. Bellingham menciptakan gol balasan the Three Lions di akhir injury time, sehingga laga dilanjutkan ke 2×15 menit.

Kemenangan Inggris ditentukan Harry Kane. Penyerang sekaligus kapten Inggris ini mencetak gol di awal babak perpanjangan waktu untuk mengantarkan negaranya menghadapi Swiss di delapan besar.

Jalannya Pertandingan

Inggris mengambil inisiatif serangan, tapi justru Slovakia menciptakan peluang pertama. Tembakan Juraj Kucka melebar tipis, setelahnya David Hancko mendapatkan ruang dan waktu untuk melakukan tembakan meski bola melenceng.

Di tengah gempuran Inggris, Slovakia melancarkan serangan balik berbahaya di menit ke-12. Setelah merebut bola di lapangan tengah, umpan Ondrej Duda kepada Luka Haraslin diteruskan dengan tusukan dari sisi kiri kotak penalti.

Kobbie Mainoo melakukan blok krusial untuk mementahkan Slovakia. Jordan Pickford bisa mengamankan bola.

Peluang bagus diciptakan Inggris di menit ke-23. Jude Bellingham meliuk-liuk di kotak penalti, tandukan Harry Kane meneruskan umpan silang dari sisi kiri melebar. Setelahnya tembakan Mainoo dari luar area melambung.

Hanya dua menit berselang, Slovakia membuka skor! Ivan Schranz membawa Slovakia memimpin 1-0.

Sebuah umpan panjang dari tengah lapangan disundul Juraj Kucka. David Strelec mengirim sodoran kepada Schranz untuk diselesaikan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang Inggris.

Jelang turun minum, Inggris terus menekan pertahanan Slovakia. Tendangan Mainoo dari luar kotak penalti melenceng, kemudian serangan yang diawali dari set piece bisa dipatahkan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia bertahan hingga half-time.

Inggris memulai babak kedua dengan kencang. Phil Foden mencetak gol balasan, meski harus dianulir karena offside.

Inggris hampir kebobolan lagi karena blunder. Strelec yang berada di dekat tengah lingkaran berhasil merebut bola, kemudian melepaskan tembakan jarak jauh ke gawang. Pickford kadung berdiri jauh di depan, bola melewati atas kepalanya tapi melebar tipis

Melewati 70 menit, sebuah peluang lain dari Inggris. Tendangan bebas Foden dari sayap kiri disambut Kane dengan tandukan di tengah kotak penalti. Bola melebar.

Sepakan Declan Rice dari luar kotak penalti melaju kencang sebelum menghantam tiang gawang Slovakia. Bola rebound dicecar Kane, tapi tendangan volinya gagal menemui target.

Serangan Inggris patah lagi. Crossing dari sayap kanan ditinju Martin Dubravka, yang akhirnya menghasilkan tendangan gawang.

GOL! Inggris akhirnya menciptakan gol balasan melalui Jude Bellingham di injury time. Kedudukan berubah menjadi 1-1 sekaligus melanjutkan permainan ke babak perpanjangan waktu.

Diawali dari sebuah lemparan ke dalam, Marc Guehi menyundul bola di sisi kanan kotak penalti. Bellingham melepaskan tendangan salto yang sukses menembus gawang Slovakia.

Start Inggris kencang Inggris di extra time. Harry Kane memperbesar keunggulan Inggris menjadi 2-1.

Sepak pojok Cole Palmer dari sayap kanan disambut tendangan Eberechi Eze di luar kotak penalti. Ivan Toney meneruskan dengan sundulan kepada Kane, sebelum diselesaikan dengan tandukan dari dekat tiang gawang.

Peluang emas dari Slovakia di menit ke-105. Umpan silang matang dari sayap kiri menemui Peter Pekarik di depan gawang. Sontekannya justru melambung tinggi.

Pelanggaran terhadap L’ubomir Tupta memberi tendangan bebas pada Slovakia. Eksekusi Tupta dari depan area D, melambung. Setelahnya Slovakia lebih berani menyerang, dan menciptakan peluang dari umpan silang.

Inggris membuang peluang emas untuk membunuh permainan. Sebuah serangan balik diakhiri dengan sepakan Ivan Toney yang melambung. Slovakia merespons dengan sebuah serangan yang sukses dimentahkan Pickford.

Susunan Pemain

TIMNAS INGGRIS: Pickford, Walker, Trippier (Palmer 66′), Johnn Stones, Guehi, Rice, Bellingham (Konsa 106′), Mainoo (Eze 84′), Foden (Toney 90′), Saka, Kane (Gallagher 106′)

TIMNAS SLOVAKIA: Dubravka, Pekarik (Tupta 109′), Skriniar, Vavro, Hancko, Kucka, Lobotka, Duda, Schranz (Gyomber 99′), Haraslin (Suslov 61′), Strelec (Bozenik 61′)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular