Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaLifestyleBenarkah Rutin Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya

Benarkah Rutin Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya

Jakarta – Kebiasaan minum air lemon di pagi hari disebut memiliki banyak khasiat, termasuk menurunkan berat badan. Minuman yang terbuat dari air yang dicampur perasan lemon segar ini bisa dinikmati panas maupun dingin.

Air lemon dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, meningkatkan fokus, dan meningkatkan energi. Tapi, yang paling populer, minuman ini bisa untuk diet. Benarkah begitu?

Dikutip dari Medicine Net, jus lemon dan air tidak bisa langsung membantu menurunkan berat badan. Namun, mengonsumsinya akan membantu menjaga sistem pencernaan yang konsisten dan sehat.

Menurut para ahli, air lemon bisa meningkatkan penurunan berat badan karena bisa memberi efek rasa kenyang, hidrasi, dan metabolisme. Namun, air putih biasa juga menawarkan efek serupa tanpa adanya efek samping negatif.

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya jangan hanya mengandalkan air lemon. Itu juga memerlukan diet seimbang dan olahraga yang teratur, agar program penurunan berat badan menjadi efektif.

Berikut 4 alasan mengapa air lemon bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Diuretik
Air lemon memiliki sifat diuretik, yakni meningkatkan urine yang keluar dari tubuh. Hasilnya, tubuh akan kehilangan berat air dibandingkan lemak.

Perasan lemon dengan air ini berfungsi sebagai metode detoksifikasi, karena lemon mengandung flavonoid. Itu memiliki sifat antioksidan dan bisa membersihkan, mendetoksifikasi, dan membersihkan usus.

Namun, sebagian besar penelitian melaporkan bahwa minum air lemon harus dibarengi dengan pola makan bergizi dan olahraga. Itu bertujuan untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

2. Vitamin C
Jus lemon kaya akan vitamin C, yang bermanfaat bagi kesehatan dan bisa membantu membakar lemak. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journal of American College of Nutrition, mereka yang memiliki kadar vitamin C yang cukup bisa membakar 30 persen lebih banyak lemak selama berolahraga intensitas tinggi.

Namun, jus lemon buatan sendiri mungkin tidak memiliki cukup vitamin C untuk membakar lemak. Jus tersebut mungkin memiliki sedikit vitamin C, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Serat (pektin)
Pektin dalam jus lemon merupakan salah satu jenis serat yang bisa membantu menghindari gula darah tinggi, dengan memperpanjang waktu keluarnya makanan dari usus. Keduanya mungkin bermanfaat untuk upaya penurunan berat badan.

Serat yang cukup dalam makanan bisa membuat kenyang lebih alam, menunda rasa lapar, dan mengurangi ngemil berlebihan. Namun, ini bukanlah faktor utama penurunan berat badan. Sebab, sebagian serat dan pektin terdapat pada kulitnya, bukan jusnya.

4. Antioksidan
Menurut sebuah penelitian pada tikus, antioksidan yang ada dalam lemon membantu mengurangi penambahan berat badan pada tikus yang makan secara berlebihan.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa lemon membantu menurunkan berat badan pada manusia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular